Thursday, October 13, 2011

Cokelat Turunkan Resiko Wanita Terserang Stroke

Cokelat Turunkan Resiko Wanita Terserang Stroke
Tribunnews.com - Kamis, 13 Oktober 2011 17:40 WIB

TRIBUNNEWS.COM - Anda penggemar cokelat? Jika iya, berbahagialah Anda karena sebuah penelitian menyebutkan, banyak makan cokelat ternyata dapat menurunkan resiko stroke pada wanita.

Penelitian yang melibatkan 33.000 wanita Swedia ini menambah fakta yang mengatakan bahwa kakao ternyata baik untuk kesehatan jantung.

Peneliti dari Karolinska Institut di Stockholm menganalisis data dari sebuah studi mamografi yang mencakup laporan diri berapa banyak wanita makan cokelat pada tahun 1997. Para wanita tersebut berkisar di usia 49-83 tahun.

Peneliti menemukan selama dekade berikutnya, ada 1.549 kasus stroke, dan para wanita yang makan lebih banyak cokelat memiliki risiko yang lebih rendah terserang stroke.

Asupan coklat tertinggi pada waktu itu adalah konsumsi 45 gram cokelat per minggu. Sementara yang rendah hanya 8,9 gram per minggu.

Meski demikian pemimpin penelitian Susanna Larsson mengatakan, bahwa penelitian ini belumlah sepenuhnya bisa diterapkan di kehidupan nyata. "Mengingat desain penelitian observasional, temuan dari studi ini tidak dapat membuktikan bahwa cokelat itu yang menurunkan risiko stroke," jelasnya.

Sebab menurut Larsson meskipun kakao baik bagi jantung, konsumsi cokelat dalam jumlah tak wajar juga akan memberi efek kontraproduktif. "Jadi penelitian ini tidak memberikan free pass untuk Anda menyantap cokelat," tambahnya.

Stroke adalah suatu kondisi medis yang serius yang terjadi ketika pasokan darah ke bagian otak terputus. Orang berusia di atas usia 65 tahun adalah yang paling berisiko terserang stroke. (Sumber: Sehatnews.com)

Editor: Dewi Agustina | Sumber: Sehat News
Akses Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat m.tribunnews.com

0 Comments:

Post a Comment

<< Home